Aplikasi WA di iOS yang sekarang pakai keamanan sidik jari dan deteksi wajah

Assalamu alaikum teman-teman, kali ini teknotoolz akan memberikan suatu informasi keren dan menarik dari aplikasi pengirim pesan yang penggunanya ratusan juta di dunia ini. Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi WhatsApp atau yang biasa disingkat denga WA. Aplikasi ini sering kali diisukan rentan terhadap hacker jahat sehingga mengakibatkan banyak data privat bocor ke orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Namun Facebook, sang pemilik WA tidak diam begitu saja. Peningkatan keamanan pun dilakukan demi menjaga keamanan sekaligus meningkatkan kenyamanan pengguna WhatsApp khusus untuk iOS.

Aplikasi WA di iOS sekarang pakai keamanan sidik jari dan deteksi wajah
WhatsApp (WA) kini melakukan lonjakan dalam hal pengamanannya di iOS. Setelah melewati tahap-tahap tes fitur, hadir lah fitur keamanan baru untuk aplikasi WA meski diperuntukkan hanya untuk iOS saja. Kini pengguna WA pada sistem operasi iOS alias pengguna Apple Phone (iPhone & iPad) dapat mengaktifkan fitur keamanan tersebut dengan sensor sidik jari (Touch ID) atau pengenalan wajah (Face ID).

Dengan adanya fitur ini, diharapkan pengguna WA akan semakin aman dari para hacker dan sekaligus menambah kenyamanan pengguna WA dalam hal bertukar pesan di aplikasi WA tersebut. Hanya saja, masih disayangkan karena fitur keamanan ini tidak bisa dipakai untuk mengunci chat dengan kontak atau orang tertentu yang ada di dalam aplikasi WA, seperti aplikasi Telegram misalnya.

Fitur keamanan ini akan aktif jika pengguna iOS melakukan penyetelan secara manual terhadap aplikasi WA milik Facebook itu. Fitur tersebut akan terus meminta sidik jari atau pengenalan wajah pengguna WA di iOS ketika hanya ingin membuka aplikasi tersebut. Jika terus terjadi kesalahan dalam pemindaian sidik jari maupun pengambilan face ID, maka WA akan meminta password dari device iOS, jadi tidak usah khawatir jika terus salah dalam menggunakan fitur tersebut hingga beberapa kali.

Pilihan untuk mengunci aplikasi WA dengan fitur sidik jari dan deteksi wajah ini diterapkan berdasarkan tipe iPhone yang digunakan. Yang berarti bahwa tidak semua iPhone akan dibekali teknologi atau fitur sidik jari dan deteksi wajah. Karena tentu saja tidak semua iPhone memiliki hardware untuk itu, tida semua iPhone mempunyai sensor sidk jari maupun sensor deteksi wajah.

Sedangkan untuk mengaktifkan fitur keamanan tersebut sangatlah mudah, karena kita hanya perlu melakukan update aplikasi WA untuk iOS ke versi terbaru, yaitu versi 2.19.20 di App Store milik Apple. Kemudian, kita mesti masuk ke tab "Settings" atau "pengaturan". Lalu, pilih bagian "Account" atau "akun", selanjutnya pilih "Privacy", dan klik pilihan "Require Touch ID". Terakhir akan ditampilkan dua pilihan, apakah pengguna ingin mengaktifkan fitur sidik jari, atau fitur deteksi wajah. Jadi pilihlah fitur keamanan yang baik menurut kalian.

Selain itu, para pengguna WA di iOS juga dapat melakukan penyetelan waktu sebagai sesi penggunaan aplikasi WA. Jadi waktu tersebut akan menentukan apakah aplikasi WA akan meminta sidik jari atau deteksi wajah kembali setelah aplikasi ditutup selama waktu yang ditentukan tersebut. Jika waktu yang dipilih misalnya satu menit, maka aplikasi WA tidak akan meminta sidik jari maupun deteksi wajah lagi sebelum satu menit setelah aplikasi ditutup, namun aplikasi WA akan meminta sidik jari atau deteksi wajah lagi jika telah melewati satu menit setelah aplikasi WA ditutup. Waktu yang disediakan bukan hanya satu menit, ada pilihan 15 menit hingga satu jam.

Dengan adanya fitur keamanan ini, diharapkan pengguna WA di iOS akan lebih terjaga dari para peretas atau hacker jahat yang selalu melakukan pencurian data privat. Berita baiknya, meski sistem keamanan ini sudah tersedia di iOS, namun para pemilik iOS masih bisa melihat notifikasi pesan masuk atau broadcast tanpa harus masuk ke aplikasi WA tersebut.

Mungkin cukup sampai disini informasi terkait Aplikasi WA di iOS yang sekarang pakai keamanan sidik jari dan deteksi wajah. Silahkan share artikel ini jika dirasa bermanfaat, jangan sungkan untuk berkomentar, dan irsandi.web.id memohon maaf jika ada kesalahan terutama jika terdapat kesalahan pengetikan. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aplikasi WA di iOS yang sekarang pakai keamanan sidik jari dan deteksi wajah"

Post a Comment