PERSEPSI SALAH TENTANG TEKNIK INFORMATIKA




 
Sering kali kalian pasti bingung untuk mencari jurusan - jurusan saat kuliah kan? Tiba - tiba lihat ada jurusan komputer/ Teknik Informatika ... Pilih saja deh kan komputer gampang sering juga make nya... Kalau belajar komputer juga bisa bebas matematika kan . .

Itu dia ilustrasi banyak orang yang saat ini memilih atau telah lulus dari jurusan Teknik Informatika . Kali ini saya akan membagikan apa - apa saja mengenai jurusan Teknik Informatika dan juga persepsi- persepsi tentang Infomatika .

Perlu di garis bawahi bahwa Teknik Informatika atau TI sendiri merupakan salah satu jurusan dengan disimplin ilmu yang menginduk pada komputer . Pada dasarnya merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang menangani masalah  data menggunakan teknologi komputer yang pemanfaatannya seoptimal mungkin . Kebanyakan anak Informatika berkecimpung dalam bidang rekayasa perangkat lunak, jaringan dengan memanfaakan teknologi yang ada untuk membuat, menganalisis atau juga menciptakan sebuah ide baru pada teknologi . Jadi Teknik Informatika itu bukan manusia super yang bisa segala hal tentang IT

Ada beberapa persepsi yang salah mengenai Informatika ( TI ) :

1.  Jurusan TI bebas matematika

Awalnya saya pun beranggapan bahwa jurusan TI itu salah satu jurusan yang jauh dari pelajaran matematika. Matematika terkadang menjadi momok menakutkan atau bahkan menjadi Fobia bagi seseorang. Namun ternyata, pada jurusan Teknik Informatika pada kurikulum itu disetiap semesternya terdapat cabang ilmu dari matematika seperti : Matematika diskrit , matematika komputer , logika informatika, dan masih banyak yang lainnya. 
   
Bahkan Saat semester 2 dan 3 saja, saya saat itu sudah mendapatkan mata kuliah untuk membuat perangkat di sertai dengan programnya. Sepert contoh lcd yang menampilkan tulisan - tulisan 




Mata kuliah ini merupakan  cabang - cabang dari Fisika seperti Elektronika, Mikroprosesor. 

Seiring berjalannya semester, biasanya tingkat atau juga level dari mata kuliah tersebut akan meningkat pula.
   
Makanya kalau memilik mindset bahwa Jurusan komputer itu bebas dari Hitung - hitungan mending di buang jauh - jauh yah mindset yang seperti itu.

2. Mahasiswa TI itu tau semua hal tentang Teknologi

Pastinya kalian sering mendengar opini - opini bahwa mahasiswa IT itu tau semua hal ? iya kan ? mulai dari install komputer , mengetik di word , masalah error pada komputer , bahkan di anggap bisa sampai bongkar komputer . Anak IT itu terkesan bisa semuanya gitu padahal sebenarnya Jurusan TI itu hanya dapat memiliki disiplin ilmu pemrograman , jaringan ataupun multimedia . Kelebihan - kelebihan lain dari seorang IT itu di dapatkan dari belajar bebas atau juga dengan pengalaman. Karena lingkungan nya juga yang sering berhadapan dengan komputer jadi wajar hal - hal seperti kadang di pahami oleh anak IT yang merupakan nilai plus .

Mengetik di word itu hanya di pelajari saat SMA atau juga otodidak. Tidak ada sama sekali di universitas manapun yang memiliki mata kuliah pengetikan Heheheh just kidding. Oleh karena itu, mahasiswa TI itu bukan manusia super yang menguasai semuanya . Setiap konsentrasi yang di ambil itu memiliki disiplin ilmu yang bisa di pelajari hingga dalam. Percuma misalnya mengerti / paham terhadap pemrograman java namun pemahamannya terhadap java tidak dalam. Apalagi hanya bisa menggunakan pemrograman IDE . Tidak mampu menggunakan aplikasi berbasis objek ( PBO ) seperti Android Studio dan Netbeans.

3. Prospek  TI sangat bagus

Ngomong - ngomong masalah prospek, sekedar infomasi saja lulusan terbanyak dari semua universitas di Indonesia itu di miliki oleh jurusan - jurusan IT . Boleh kebayang kan tingkat persaingan untuk mencari kerja nantinya. Meskipun sebenarnya, ada banyak yang bisa kita kembangkan dan bisa jadi kita sebagai penawar pekerjaan.

Mengenai masalah teknologi , memang tidak ada habisnya, ada banyak yang dapat kita kembangkan. Hanya memerlukan ide kreatif dan inovatif,sehingga apa yang kita rintis dapat bersaing dan menjadi maju.

Contoh yang paling bagus untuk lulusan - lulusan TI adalah membuat startup. Di era digital saat ini, sangat banyak startup - startup yang bisa bersaing bahkan mengalahkan usaha - usaha yang telah di rintis sejak lama menggunakan metode konvensional. Seperti halnya dengan startup GO-JEK. Startup ini mampu mengalahkan ojek ojek konvensional dengan aplikasinya. Dengan ide untuk mempermudah konsumen untuk mencari atau memesan ojek dengan cara online, Startup ini bahkan sudah memiliki saham dengan harga hingga trilliunan .
       
Lain lagi dengan E - Commerce yang saat ini menjadi trend pada masyarakat Indonesia. Shopee , tokopedia , lazada , olx , jd.id , tokobagus , bli-bli dan lain sebagainya. Mereka berlomba - lomba untuk memberikan inovasi sehingga bisa tetap berjalan dan di sukai oleh masyarakat. 

Hal ini tidak terlepas dari ide kreatif yang memanfaatkan kebutuhan masyarakat Indonesia saat ini yang sering menggunakan smartphone. Kecenderungan orang - orang di Indonesia saat ini bahkan Internasional itu berada pada Smartphone . Saat ini orang - orang ingin semuanya serba simpel . Belanja tidak usah repot - repot tinggal buka hp , sambungkan ke internet lalu membuka aplikasi - aplikasi E - Commerce. Bayar pun bisa dengan sangat mudah dengan memakai E - Banking. Jadi teknologi saat ini sudah sangat efisien dan memanjakan konsumen. Tidak perlu lagi capek - capek jalan ke Mall pilih ini pilih itu. Semuanya serba digital dan instant. 
  
Meskipun begitu, di zaman industri kreatif ini, perlu adanya inovasi atau penemuan yang memberikan dampak yang positif tetapi juga tidak bertentangan dengan syariat atau ajaran agama. Sangat perlu adanya pembatasan atau filter terhadap teknologi yang sangat pesat dan tidak terbendung perkembangannya. 

Itu saja artikel tentang persepsi salah tentang teknik Informatika saat ini. Ini hanyalah pendapat saya dan juga beberapa sumber informasi yang saya peroleh. Jangan lupa untuk melihat artikel - artikel lainnya.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PERSEPSI SALAH TENTANG TEKNIK INFORMATIKA"

Post a Comment