Mau Jadi Santri? Mondok di pesantren? Baca ini !!!

     


Pesantren merupakan Tempat pendidikan tradisional dimana santri - santri tinggal dalam kompleks dan mempelajari ilmu - ilmu agama dari seorang kiai atau ustaz. Dengan kata lain, Pesantren dapat sebagai lembaga pendidikan sekaligus keagamaan.

Di dalam kompleks pesantren biasanya terdapat fasilitas seperti asrama sebagai tempat tinggal santri - santri, masjid, Aula, Kantin, dan bahkan fasilitas- fasilitas seperti lapangan olahraga. Fasilitas tersebut dapat sebagai tempat untuk memberikan pendidikan kepada santri santri selama tinggal di pesantren.

Pesantren memiliki peraturan tersendiri dan biasanya para santri dilarang untuk keluar dari lingkungan pesantren tanpa izin. Itu sebabnya pesantren dikelilingi dengan tembok- tembok menjulang tinggi. Namun, ada ada saja cara santri untuk kabur dari pesantren... Hehehe pengalaman pribadi xD.

Kelebihan Pesantren dibandingkan dengan sekolah umum.

  • Membina mental dan meningkatkan kedisiplinan.

Di dalam pesantren, santri - santri biasanya harus tepat waktu untuk melaksanakan shalat 5 waktu. Biasanya santri akan di hukum apabila terlambat ataupun tidak melaksanakan shalat 5 waktu. Dulunya saya dihukum cuci wc, bahkan hukum cambuk hingga sanksi - sanksi lain.

Juga ada proses belajar untuk pelajaran umum, untuk pesantren saya dulu saat di Madrasah Tsanawiyah itu mulai jam 07.30 sampai dengan jam 14.00. Selain itu juga pelajaran - pelajaran agama biasanya kajian - kajian kitab untuk ilmu tafsir al- quran dan hadis, fiqhi dan syariat- syariat islam yang telah di tetapkan oleh pihak pesantren yang akan kalian tempati nantinya.

  • Meningkatkan kemandirian.

Di pesantren, santri di tuntuk untuk bisa mandiri. Kenapa? di pesantren semuanya di lakukan sendiri oleh santri yang jauh dari orang tuanya. Para santri harus bisa mengatur waktunya sebaik mungkin. Mereka harus membagi waktu antara belajar, istirahat yang cukup, makan, mencuci dan kegiatan - kegiatan lain yang harus di atur sedemikian rupa. Oleh karena itu jangan heran alumni pesantren bisa sangat mandiri.

  • Pelajaran tentang agama lebih banyak di bandingkan pelajaran umum.

Sehari- hari, santri di pesantren dapat mempelajari pelajaran - pelajaran agama. Berdasarkan Pengalaman saya, ada banyak sekali pelajaran tentang agama Islam yang di ajarkan. Seperti : bahasa Arab, Nahwu dan Syaraf, Fiqhi, Akidah dan Akhlak, tafsir al quran, dan kitab- kitab seperti hadis (arbain nabawi dll) , fathul qarib dan lain- lain. Masih banyak lagi sayangnya saya cuman ingat itu saja. 

Dari situ kalian pasti sudah ada gambaran betapa banyaknya ilmu - ilmu agama yang akan di pelajari di pesantren. Hal ini sangat jarang bahkan sangat sedikit sekolah umum yang memberikan pelajaran agama. Bisanya sekolah umum hanya menyediakan 1 pelajaran agama. Oleh karenanya, buat kalian yang ingin mempelajari agama Islam lebih dalam, saya sangat merekomendasikan pesantren tempat yang paling tepat. 

  •  Rata- rata teori yang di ajarkan akan di praktekkan atau di amalkan di kehidupan sehari - hari selama di pesantren.

Pastinya teori teori yang di sampaikan atau di ajarkan kepada santri sangat tidak lengkap jika tidak di praktikkan dan di amalkan dalam kehidupan sehari - hari. Seperti halnya teori tepat waktu dan tidak meninggalkan shalat 5 waktu secara berjamaah . Di pesantren, para santri akan dibina dan di tanamkan nilai - nilai terpuji untuk tidak telambat atau meninggalkan shalat 5 waktu berjamaah.

  • Pandai berbahasa Arab atau Inggris 

Biasanya, Pesantren memberikan metode - metode yang membuat santri ini bisa mahir untuk berbahasa asing. Dengan lingkungan yang mendukung, biasanya santri di sediakan tempat untuk dapat mahir untuk berkomunikasi dengan bahasa arab atau inggris.

  • Anak bandel ? bawa ke pesantren

Pastinya kalian pasti mendengar stigma masyarakat yang mengatakan bahwa pesantren itu tempatnya anak- anak bandel yang gak mau nurut? betul kan ? Meskipun tidak semua anak pesantren itu bandel-bandel. Banyak juga santri yang memang memimpikan untuk sekolah di pesantren.
     
Tapi dengan kurikulum pesantren juga dengan bimbingan dari kiai dan ustaz membuat santri - santri dapat berperilaku terpuji sesuai tuntunan islam. Makanya biasanya orang tua mengambil solusi untuk memberikan anaknya pendidikan di pesantren. 

  • Lingkungan Pesantren

Ada apa dengan lingkungan pesantren? yup, di pesantren umumnya santri - santri melakukan kegiatan yang positif sehingga membuat santri terdorong untuk melakukan kegiatan positif juga dan menjauhi kegiatan negatif.

Kekurangan pesantren dibandingkan sekolah umum menurut saya :

  • Agak tertinggal untuk pelajaran umum. 

Dengan pelajran agama yang lebih dominan di bandingkan pelajaran umum membuat lulusan atau alumni pesantren agak tertinggal untuk pelajaran pelajaran umum. Seperti pelajaran Fisika, Matematika, Kimia, Biologi,dan lain sebagainya . Meskipun sudah banyak sekarang pesantren yang ilmu umumnya juga sebanding bahkan lebih baik dari sekolah umum.
     
Meskipun pelajaran agama lebih dominan, hal itu tidak membuat santri kaku akan ilmu- ilmu dunia. Biasanya pesantren menyediakan 6 sampai 8 jam untuk pelajaran - pelajaran umum. 

  • Biaya yang lebih mahal.

Pastinya biaya yang lebih mahal sebanding dengan apa yang di dapatkan santri. Di dalam pesantren, sudah di sediakan penginapan asrama sebagai tempat tinggal santri. Juga di sediakan makanan 3x sehari dan juga menikmati fasilitas dari pesantren seperti WC, Lapangan dan lain- lain.


Itulah tadi Gambaran dari Pesantren menurut saya berdasarkan apa yang saya alami. Tetapi pendapat saya ini tidak sepenuhnya sama dengan pesantren - pesantren yang lain. Oleh karena itu bila terdapat kesalahan itu datangnya dari diri saya sebagai manusia biasa dan saya dan mohon maaf segala kesalahan dari tulisan saya di atas. Sampai jumpa di artikel lainnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mau Jadi Santri? Mondok di pesantren? Baca ini !!!"

Post a Comment