MASUK MUSIM PENGHUJAN ? IKUTI TIPS INI AGAR KAMU TETAP SEHAT !!!




Saat ini di Indonesia mengalami musim penghujan. Siklus musim penghujan itu sendiri secara umum di Indonesia mulai dari bulan oktober sampai dengan bulan Februari. Namun untuk beberapa wilayah biasanya tidak menentu bahkan dapat diguyur hujan bukan hanya di bulan oktober sampai februari tetapi mulai dari  bulan januari sampai bulan desember .

Dikarenakan saat ini kita memasuki musim penghujan. Pastinya daya tahan kamu akan di uji. Apalagi kamu yang memiliki aktifitas yang padat pastinya akan sangat rentan untuk terkena penyakit.

Kali ini saya akan membagikan tips agar kalian tetap sehat meski musim penghujan telah tiba

1. Memakai Pakaian Yang Tebal 

Saat musim penghujan pastinya cuaca akan lebih dingin dibandingkan biasanya . Makanya sangat penting buat kamu untuk memakai pakaian - pakaian yang tebal sehingga suhu badan kamu dapat tetap terjaga . Selain itu, kamu dapat memakai pakaian double yang di tambah dengan jaket atau sweater .

2. Makan atau Minum Yang Berkuah Hangat 

Makan atau minum yang hangat akan membuat kamu merasakan kehangatan . Ada banyak makanan yang dapat kalian coba saat musim penghujan seperti sop ayam , bakso , mie kuah , bubur hangat dan lain sebagainya . Untuk minuman boleh dengan meminum teh hangat , kopi , susu hangat dan lain sebagainya.


3. Mandi Saat Kehujanan

Air hujan terutama saat gerimis mengandung kadar asam yang sangat tinggi . Hal ini dapat menyebabkan anda mendapatkan penyakit seperti demam , flu , dan juga influenza . Oleh karena itu jika kamu terkena guyuran air hujan baik banyak maupun sedikit , sebaiknya anda mandi atau paling tidak mencuci bagian kepala kamu.


4. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Saat musim penghujan tiba , tingkat kebersihan pastinya akan lebih rendah di bandingkan musim kemarau . Biasanya , saat musim hujan sering sekali terjadi penumpukan air dalam waktu yang cukup lama . Hal ini tentu berbahaya karena air yang menumpuk tersebut dapat disarangi oleh jentik jentik nyamuk.

Buat kamu yang ingin menghindari penyebaran penyakit baru seperti Demam berdarah , sebaiknya untuk rutin untuk membuang air – air yang menumpuk pada perabot kamu , juga untuk menutup setiap penampungan air yang ada.


5. Membawa Pelindung Tubuh Saat Beraktifitas Di Luar Ruangan

Senjata nomor 1 saat musim hujan agar kamu terhindar dari penyakit yaitu payung . Payung memang sangat berguna dan menjadi barang wajib saat kamu beraktifitas di musim penghujan .

Selain payung , buat kamu pengendara kendaraan roda dua ( motor ) harus menyediakan jas hujan atau mantel . Kamu dapat berjaga – jaga dengan menyediakan jas hujan di dalam bagasi motor anda sehingga saat di butuhkan dapat langsung di gunakan .


6. Mengkonsumsi Buah

Mengkonsumsi buah dapat meningkatkan kekebalan diri kamu . Sebaiknya kamu mengkonsumsi buah yang mengandung serat dan vitamin yang tinggi terutama vitamin C . Ada banyak buah yang saya rekomendasikan seperti pepaya , jeruk , apel , pir , anggur , pisang dan masih banyak lagi .

Kamu juga dapat mengganti buah dengan mengkonsumsi suplemen Vitamin . Apabila tidak memungkinkan bagi anda untuk mengkonsumsi buah – buahan .


7. Cuci tangan dengan sabun

Tips yang satu ini salah satu tips yang sepele namun tak kalah penting. Kamu harus sering membiasakan untuk mencuci tangan baik saat ingin makan dan minum atau melakuka aktifitas lain seperti memasak . Tangan merupakan tempat yang sangat baik untuk berkembangnya virus dan  juga bakteri .

Usahakan untuk memkai sabun saat mencuci tangan apabila tidak memungkinkan untuk mencuci dengan air maka gunakanlah sanitizer atau juga tisu basah .


8. Memakan Makanan Yang Sehat 

Selain mengkonsumsi buah , kamu juga harus memperhatikan makanan yang kamu makan . Sebaiknya anda mengkonsumsi makanan sehat dan juga higienis . Makanan sehar disini seperti makanan yang mengandung protein tinggu , lemak , karbohidrat atau ringkasnya makanan 4 sehat 5 sempurna .

Selain itu , kamu juga dapat menambakan lada atau cabai ke makanan anda yang sangat baik untuk mencegah influenza .


Itulah tadi tips dari saya agar anda dapat terhindar dari penyakit saat musim penghujan telah tiba . Tips ini dapat kalian ikuti agar kesehatan kalian dapat terjaga di saat cuaca yang tidak terduga .

Ingatlah mencegah lebih baik dari pada mengobati . Lebih baik anda bersusah susah untuk mengontrol diri anda dari pada harus terbaring sakit . Sekian dari saya sampai Wassalam .



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MASUK MUSIM PENGHUJAN ? IKUTI TIPS INI AGAR KAMU TETAP SEHAT !!!"

Post a Comment