TIPS AGAR LAPTOP TIDAK CEPAT RUSAK


 

Tak bisa di pungkiri , laptop saat ini merupakan sesuatu yang sangat penting . Bahkan menurut saya , laptop saat ini sudah bukan lagi kebutuhan tersier namun menjadi barang sekunder . Sering kali kalian pasti merasa heran kenapa laptop saya kurang awet . Hanya pemakaian beberapa bulan saja sudah harus di bawa lagi ke tukang service . Kali ini saya akan memberikan penyebab laptop kalian dapat berpotensi cepat rusak :

1 . Tidak Mengistirahatkan Laptop

Meskipun laptop saat ini dapat bekerja lebih lama di bandingkan dengan manusia , laptop juga perlu untuk istirahat . Istirahat disini dimaksudkan agar laptop tidak overheat di karenakan di gunakan dengan waktu yang lama . Karenanya , jangan lupa untuk menjadwalkan waktu pemakaian dan juga pengistirahatan .

Selain itu , jangan lupa untuk shutdown laptop kamu . Mode Sleep sebaiknya tidak dianjurkan apabila kalian ingin mengistirahatkan laptop kesayangan kamu .


2. Gunakan Tas Khusus Saat Bepergian

Tas khusus ini dimaksudkan agar laptop tidak terlalu terguncang saat dibawa bepergian . Apabila terjadi guncangan yang keras kepada laptop maka hal tersebut dapat memberikan resiko besar terjadi nya kerusakan pada hardware dari laptop . Membawa barang berlebihan bersama laptop juga dapat menimbulkan resiko laptop terbentur dengan barang tersebut . Atau juga dapat memberikan tekanan kepada laptop sehingga membuat layar menjadi rusak .

Selain itu , sebaiknya tidak berlarian saat menggendong tas yang berisi laptop . Terkadang hal ini kita lakukan apabila terburu - buru . Hal ini juga sangat rentan untuk kesehatan laptop kamu .

3. Update BIOS

Sama saja dengan  program aplikasi ( software ) dan juga driver hardware, BIOS juga memerlukan pembaharuan agar memastikan perangkat laptop kamu merupakan versi yang terbaru. Kenapa perlu untuk mengupdate BIOS ? karena update BIOS laptop akan meningkatkan performa laptop itu sendiri sehingga terjadi kompatibilitas antar hardware dan software . Caranya tergolong cukup mudah , hanya dengan kunjungi website dari pabrikan laptop kamu untuk mendapatkan pembaharuan BIOS - nya. Tapi jika takut terjadi error atau kesalahan , maka kamu bisa mendatangi atau memanggil teknisi komputer untuk melakukannya.


4. Tidak Mendownload atau Install Software Sembarangan .

Sebaiknya mengunduh software di website - website resmi atau dengan membeli kaset software - software resmi . Mengunduh sesuatu dari Internet dapat menimbulkan virus dengan mudahnya menyerang laptop kita . Virus - virus ini dapat menyerang bagian sistem dari laptop kamu sehingga akan menyebabkan hang , kadang juga tiba - tiba terestart sendiri , bahkan sampai membuat Operation System ( OS ) kamu menjadi rusak .
   
Meskipun mendownload software - software di situs - situs yang tidak resmi biasanya dapat berjalan di laptop kamu tanpa masalah . Lebih amannya saya merekomendasikan untuk mencari atau mmembeli dari official - nya .

5. Memakai Software Antivirus

Antivirus hanya di sarankan untuk laptop yang sering digunakan untuk menjelajahi internet . Saat ini ancaman dapat datang seperti malware, spyware, ataupun ransomware .  Kalian harus memiliki software keamanan yang dapat menjaga keamanan dari laptop kita dengan fitur real time - nya .

Sudah banyak antivirus yang dapat kalian gunakan . Mulai dari yang gratis ( free ) sampai dengan yang berbayar . Seperti Smadav , Avast , CCleaner , Mcafee dan lain sebagainya .

Tidak semua jenis komputer memerlukan antivirus .  Oleh karenanya sering kita melihat orang - orang yang tidak memasang satupun antivirus di dalam nya . Untuk laptop dengan yang di tujukan untuk menjelajah Internet , saya sarankan untuk memakai Software antivirus sehingga data - data dari laptop tidak dapat di serang oleh berbagai ancaman .

6. Cabut kabel kabel atau usb tambahan yang terhubung ke laptop

Apabila laptop telah di gunakan maka sebaiknya untuk melepas seluruh kabel kabel / usb dan sebagainya yang telah terpasang ke laptop. Kabel tambahan tersebut bisa berupa charger , Flashdisk , Mouse ataupun keyboard .

Kebiasaan yang dapat merusak perangkat seperti charger juga harus di hindari . Seperti tidak mencabut charger dari laptop meski baterai laptopnya telah penuh. Juga saat kabel charger tidak di atur dengan rapih . Kebiasaan ini dapat kalian ubah sehingga laptop dan juga komponen lain nya dapat awet dan tahan lama .

7. Membersihkan laptop

Pastinya laptop kalian akan berdebu seiring dengan pemakaian rutin . Karenanya cobalah untuk membersihkan segala debu - debu yang terdapat pada sela - sela keyboard juga pada port - port USB , HDMI , VGA dan juga Port Charger . Kalian boleh dengan rutin membersihkan laptop 1 x seminggu untuk menghindari penumpukan kotoran yang dapat menempel pada laptop anda .

Penumpukan debu ataupun kotoran dapat menyebabkan komponen tidak bekerja secara semestinya di karenakan adanya gangguan dari kotoran tersebut . Contoh saja keyboard . Sering kita alami keyboard tidak berfungsi saat di tekan . Kenapa ? karena kotoran menumpuk di sekitar tombol - tombol keyboard . Inilah pentingnya menjaga kebersihan dari laptop kita .

Itulah tadi penyebab dan juga tips yang dapat saya berikan . Tips ini dapat kalian gunakan agar laptop kalian dapat tahan lama . Sangat di sayangkan apabila harus mengeluarkan biaya tambahan seperti service . Ingat jangan lupa untuk mengikuti tips tips . Teknologi juga perlu waktu untuk di perhatikan. Sekian dari saya lihat juga artikel - artikel lainnya .

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TIPS AGAR LAPTOP TIDAK CEPAT RUSAK"

Post a Comment