KEBIASAAN BURUK NETIZEN SAAT MEMAKAI SOSIAL MEDIA INI HARUS DIUBAH

 
 


Saat ini,kita berada di jaman generasi Y. Dimana teknologi menguasai kehidupan sehari - hari manusia .
 
Teknologi saat ini memang sangat pesat perkembangannya , kita boleh berhitung apa - apa saja yang baru hanya dalam kurun waktu 5 tahun terakhir . Salah satu yang perkembangannya juga yang sangat pesat yaitu media sosial . Ada banyak jenis media sosial yang populer di Indonesia saat ini seperti Facebook , Twitter , instagram , path , telegram dan sebagainya .

Dengan berbagai kelebihannya, tak bisa dipungkiri bahwa media sosial ini juga banyak menimbulkan dampak yang negatif kepada penggunanya. Terutama saat ini di Indonesia , ada beberapa kebiasaan - kebiasaan netizen Indonesia yang menurut saya tidak pantas dan seharunya di ubah agar tidak menimbulkan kerugian bagi diri sendiri terutama orang lain. Terutama dengan di terbitkannya undang - undang ITE. Sering kali kita melihat orang - orang yang di pidana akibat meyalahgunakan sosial media . Berikut apa - apa saja Kebiasaan buruk yang harus di ubah :

1. Menyebarkan Hoax

Hoax merupakan tindakan menyebarkan berita bohong atau fake news kepada banyak orang dengan maksud yang tidak baik . Hoax memang sering kali menjadi biang masalah terkait dengan berita yang sipang siur yang dapat meresahkan warga bahkan sampai membuat ke gaduhan dalam masyarakat saat ini. 

Biasanya, hoax di gunakan oleh politisi untuk menjatuhkan lawannya dengan membuat berita seolah- olah bahwa berita tersebut benar - benar terjadi . Hoax memang sangat sulit untuk di bendung penyebarannya. Di karenakan mudahnya untuk menyebarkan berita .

Oleh karenanya, netizen Indonesia saat ini haruslah bijak menyikapi setiap informasi yang di dapatkan dengan cara :

  • Mengambil sumber lebih dari satu sumber, sehingga hasil yang di peroleh dapat meyakinkan .
  • Mengecek sumber asli dari berita dan membandingkannya dengan berita lain .
  • Memverifikasi langsung kepada orang yang mengetahui berita tersebut . 

2. Berkata Kasar di Media Sosial

Seringkali saya melihat , sangat mudahnya seseorang mengatakan kata - kata kasar atau tidak pantas di sosial media. Media Sosial bersifat maya, sehingga terkadang orang yang tidak di kenal pun dapat ikut memberikan komentar . Oleh karena itu, sebaiknya sifat seperti ini harus dihilangkan agar tidak melukai perasaan dari orang lain saat menggunakan media sosial .

Ada banyak etika - etika dalam kehidupan nyata yang juga harus di tanamkan saat menggunakan sosial media .  Sering kali, kita melihat seseoarang dengan mudahnya berkata jorok, dan juga memaki orang lain apabila pendapat orang tersebut salah atau bertentangan dengan keyakinannya .

Sebagai pengguna yang bijak , sebaiknya kita dapat menyampaikan sesuatu dengan baik. Agar tidak terjadi kesalahpahaman. Sering kali kita melihat terjadi perkelahian atau saling melapor di kepolisian bahkan sampai pembunuhan saat seseorang tidak terima terhadap apa yang di tujukan kepadanya.

3. Membully Seseorang

Kebiasaan buruk ini sering terjadi kepada orang - orang yang di aggap konyol atau lucu. Padahal biasanya orang - orang yang di bully tersebut memiliki visi tersendiri yang mungkin di anggap berbeda oleh orang lain . Sehingga kesannya seakan - akan bully ini tidak menghargai pendapat atau aktifitas orang lain . 

Sebagai warga negara yang baik ,  alangkah baiknya kalau kita saling menghormati orang lain . Membully seseoarang dengan maksud apapun tidak sepantasnya kita lakukan di media sosial . 

4. Mem- Viralkan sesuatu yang tidak pantas

Ada beberapa hal - hal yang tidak pantas untuk di viralkan karena dianggap sebagai sesuatu yang tidak pantas di contoh . Dengan mem - viralkan sesuatu yang tidak pantas ,  sangat memungkinkan bahwa hal itu akan di contoh oleh orang lain . Sebaiknya hal yang tidak pantas tersebut di sembunyikan karena merupakan aib .

5. Merasa Pendapatnya adalah pendapat yang paling tepat.

Sering kali kita mendengar istilah ,  maha benar netizen dengan segala cuitnya .. Perlu kita ketahui ,  tidak ada satupun orang di dunia ini yang tepat dalam segala hal atau juga memiliki pendapat yang pasti dapat di terima oleh masyarakat . Sebagai manusia ,  kita boleh menyampaikan gagasan atau pandangan kita kepada orang lain, tetapi jangan sampai kita memkasakan gagasan kita untuk di percayai oleh orang lain.

6. Meng-update status di media sosial secara berlebihan

Sangat banyak orang - orang yang cenderung berlebihan dalam menggunakan media sosial . Sebaiknya, hal - hal yang lebih privasi itu tidak di ungkap ke sosial media karena dapat memicu kejahatan yang baru . 

Itulah tadi kebiasaan - kebiasaan yang harus di ubah oleh Netizen Indonesia . Dengan segala kelebihan dari sosial media ,  kita perlu tahu bahwa dampak negatif dari sosial media dapat menjadi lebih besar apabila tidak di gunakan secara tepat dan bijak . 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KEBIASAAN BURUK NETIZEN SAAT MEMAKAI SOSIAL MEDIA INI HARUS DIUBAH"

Post a Comment