Tips saat berbelanja Online Murah melalui E- Commerce




Layanan E- Commerce merupakan salah satu bisnis yang sangat menguntungkan saat ini. Ada banyak bermunculan aplikasi penyedia jasa untuk memudahkan orang melakukan aktifitas perdagangan secara online. Tak bisa di pungkiri memang perkembangan teknologi saat ini memungkinkan orang untuk membuat sesuatu menjadi se- simple mungkin.
Contoh aplikasi yang trend saat ini di Indonesia yaitu Shopee, Tokopedia, Blibli, JD. Id, lazada dan bukalapak.
Mulai dari berbagai produk yang menarik, discount besar- besaran sampai dengan promo- promo menarik dari masing- masing, aplikasi tersebut sangat memikat hati masyarakat di Indonesia dan berkembang sangat pesat pada beberapa tahun terakhir.
Tapi dengan berbagai kelebihan dan kepopuleran aplikasi aplikasi tersebut, ada banyak juga terjadi kejahatan- kejahatan seperti penipuan dan sebagainya.
Untuk itu, saya akan memberikan tips saat ingin berbelanja secara online.

1. Berbelanja di situs - situs terpercaya

Saat ini, ada banyak bertebaran aplikasi dan juga situs – situs penyedia jasa jual beli online. Oleh karena itu, kita harus selektif dan mencari aplikasi atau situs yang sangat terpercaya berdasarkan testimoni dan juga kepopuleran.

2. Cari produk – produk dengan brand yang jelas ( ori )

Barang kw atau palsu pastinya sangat banyak saat ini. Demi mendapatkan keuntungan sebesar- besarnya dengan modal yang sedikit, seseorang bisa sangat mudah untuk membuat barang – barang kw.
Ada beberapa tips saat agar terhindar dari barang palsu atau kw.

a) ketahui produk dan juga cek barang asli di situs resmi.

Kalian dapat memverikasi atau juga mengetahui apakah barang yang akan kalian beli itu asli atau palsu. Untuk beberapa produk memang terdapat detail yang hanya dimiliki oleh barang barang original.

b) Untuk produk – produk elektronik, selalu tanyakan garansi yang di berikan saat membeli produk tersebut. 

Garansi merupakan jaminan dari barang yang kita beli sehingga apabila terjadi kerusakan akan bisa di perbaiki atau bahkan di ganti dengan produk yang baru.

c) jangan mudah di iming – imingi harga miring atau murah.

Menurut saya, Ada barang ada harga. Setidaknya, harga jual tidak mungkin lebih rendah dari pada harga produksi atau beli.
Oleh karena itu, harga murah patut di curigai atau berhati – hati saat membelinya. Bukan berarti harga murah semuanya jelek. Banyak juga produk dengan harga yang harga lebih murah tetapi kualitas tidak kalah dengan produk dengan harga yang lebih mahal.

3. Lihat Rating dari Penjual

Biasanya untuk aplikasi seperti shopee, tokopedia dan sejenisnya. Terdapat verifikasi rating berdasarkan kepuasan dari pelanggan saat membeli di toko tersebut. Biasanya tingkat rating mulai dari bintang 1 sampai dengan bintang 5. Usahakan untuk tidak membeli produk dari toko yang memiliki rating rendah 0 sampai dengan 2,5. Untuk lebih aman lagi, pilih toko dengan rating di atas bintang 4. Apalagi kalau ratingnya bintang 5, gak ngerti lagi gw kalau ratingnya bisa setinggi itu.

4. Cari Produk yang memiliki discount atau potongan harga

Biasanya, Penyedia jasa memberikan discount pada saat event – event tertentu. Selain itu memperingati hari hari penting dan sebagainya, discount atau potongan harga di gunakan sebagai strategi marketing untuk menarik minat dari pembeli.
Pengalaman saya berbelanja di Shopee, mereka menyediakan discount besar – besaran dengan tajuk birthday sale. Selain itu, mereka menyediakan flash sale. Dengan produk ori dengan discount harga sampai dengan 99%. Tetapi tentunya dengan batasan stok pembelian. Hal ini membuat orang akan berlomba- lomba untuk memperebutkan barang tersebut.

5. Sabar dan bandingkan produk pada satu toko dengan toko lainnya

Dikarenakan banyaknya toko – toko yang terdapat dalam aplikasi atau site -  site. Memungkinkan persaingan dan adu strategi diantara sesama penjual. Oleh karena itu, terkadang beberapa penjual menjual produk yang sama tetapi dengan harga berbeda- beda, dikarenakan strategi marketing masing- masing.
Jadi jangan heran yah. . . kok harganya murah banget ya sekarang perasaan kemarin harganya 2 x lipat dari harga sekarang.
Itu dapat terjadi dari berbagai faktor termasuk oleh faktor persaingan yang sangat kompetitif.

6. Manfaatkan Voucher cashback atau Free ongkir

Siapa sih yang tidak mau diberikan cashback ataupun free ongkir? Pastinya kalian semua mau kan. Ya pastilah, dengan cashback, kita dapat mendapatkan uang setiap pembelian produk dengan syarat pembelian tertentu. Apalagi dengan voucher free ongkir, Kita dapat memangkas pengeluaran sampai dengan 35 ribu untuk pembayaran tambahan untuk pengiriman barang. Dengan voucher ini, pastinya kita akan mendapatkan benefit benefit dari berbelanja produk produk yang disediakan.

7. Perhatikan gambar dari produk yang di jual dengan seksama

Terkadang pastinya kalian membeli produk tetapi tidak sesuai dengan ekspeksati kan? Barang asli yang di terima sangat jauh berbeda dengan gambar yang ditampilkan. Pastinya akan percuma juga beli namun tidak sesuai dengan yang diharapakan pastinya.
Oleh karena itu, sebaiknya cek dulu semua gambar dan tidak segan untuk menelusuri keaslian dari produk yang dijual pada site –site resmi atau dari pengalaman anda saat membeli barang tersebut.
Itulah tadi tips yang dapat saya bagikan saat ini. Hal ini merupakan testimoni dari berbagai sumber dan juga pengalaman pribadi saya. Oleh karenanya, saya tak segan untuk memohon maaf apabila terdapat kekeliruan pada tulisan saya.
Jangan lupa untuk membaca artikel – artikel saya yang lainnya yang pastinya akan memberikan informasi dan pengetahuan kepada anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips saat berbelanja Online Murah melalui E- Commerce"

Post a Comment