JANGAN PERCAYA PERKATAAN SENIOR INI KEPADA ANDA SAAT MABA !!!





Bangku Kuliah merupakan jenjang lanjutan dari sekolah wajib 12 tahun bagi setiap orang di Indonesia. Seringkali kalian pasti merasa gelisah saat masuk ke jenjang kuliah. Bener gak? hehehe

Yap, sebagai mahasiswa, salah satu momok yang menakutkan adalah saat kalian Maba. Kenapa?

Sering kali kalian pasti mendengar fakta-fakta dan opini mengenai mahasiswa baru seperti, Mahasiswa baru itu pasti akan di siksa, atau di bully oleh sama senior, Akan di doktrin aneh-aneh dan masih banyak lagi yang lain.

Kali ini saya akan memberikan "Perkataan-perkataan Bullshit senior kepada MABA" :

1. Ini gak ada apa-apanya ospek kalian, kita dulu keras.

Pasti kalian udah sering lah dengar kalau ospek kalau sekarang namanya (PBAK) di Kampus itu keras-keras. Saya juga salah satu orang yang takut banget dulu. Padahal mah kita tuh kan niatnya kuliah untuk belajar, bukan buat latihan militer. Terus kalau senior-senior bilang mereka dulu lebih keras ya, emang harus banget ya didikan dulu dulu dibawa sekarang? ya nggak lah, sekarang tuh udah 2018. Jamannya beda sama yang dulu-dulu yang masih sering perang hehe.... Sekalian aja kan flashback waktu jaman soekarno kuliah atau waktu firaun ambil s1 nya :D.... 

Era  milenial yah beda banget. Sekarang yang hidup tuh orang yang punya kemampuan (skill), terus adu inovasi, lu pintar terus punya skill ya bisa hidup. Makanya sekarang tuh mahasiswa udah jarang demo-demo turun jalan. Ya ngapain klo demo-demo gak jelas kontennya. Mending ngampus atau tinggal di rumah belajar, ada gunanya.

Jadi ya, ospek sekarang tuh beda sama ospek yang dulu dulu. Gak bolehd dijadiin acuan..

2. Kalian itu sudah Kuliah, hilangin kebiasaan kalian waktu SMA.

Ini mungkin salah satu kata-kata yang sering diucapin senior- senior saya dulu waktu maba. HAHAHA... Plis lahh. Sekolah saya dulu jam 7.00 udah apel. Terlambat harus panggil orang tua ke sekolahan, pakaian rapi-rapi dari ujung rambut sampai kaki.terus jadwal pulang udah jelas, jadi tidak bisa pulang kecepetan. 

Nah kalau kuliah bagaimana? Ya bebas kan. Pakain bebas, Gak masuk kuliah bisa nitip absen, klo terlambat ya urusan elu mau masuk atau tidak. Dan kalian masih bilang Kuliah itu lebih disiplin dari pada kuliah.

Untuk beberapa alasan seperti Di Kampus kita yang ngejar dosen bukan guru yang ngejer kita kayak SMA boleh diterima, faktanya emang gitu, klo mahasiswa kita dituntut harus pro- aktif untuk semua hal.

Jadi jangan bandingin di SMA sama Kampus. Karena keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

3. Kita juga gak mau capek-capek ngelakuin ini, ini semua untuk kalian.

Lah gunanya apaan kalian capek capek nge ospek kita? emang kalian dibayar sama pihak kampus gitu?..kan enggak kan. Kalau gak mau yah gak usah, Ribet amat kan.. Kita juga seneng kalau kalian gak ada. Pikir aja deh pake logika, kalau tidak bermanfaat apalagi tidak dapat apa-apa gunanya apa dilakuin? kan nggak ada.

Biasanya sih momen ospek tuh dimanfaatin senior-senior yang jomblo buat modus ke maba. Wajar kadang pada caper tuh mereka. Biasanya senior-senior yang pinter-pinter itu ogah-ogahan ngurusin gini- ginian. Makanya jangan heran kalau kalian ketemu senior yang kurang populer tapi pinter. Biasanya senior tipe ini punya kesibukan diluar kayak gabung komunitas, atau bahkan sudah kerja sambil kuliah.
 
Jadi kalau ada senior kalian bilang kita itu capek juga ngurusin kalian. Langsung dibalas, kak gak usah dikerjakan kalau capek, gak guna juga kan. Tapi gw yakin habis itu gak tau dah nasib kalian.

4.  Jangan manja ini tuh supaya mental kalian gak kayak mental tempe. 

Mental apaan yah yang terbentuk? mental gak malu gitu, pas kita pake pita-pita atau tas dari karung/ kresek? ya nggak kan. Kalau mau buat mental baik ya gak gitu caranya. Salah satunya mungkin masuk organisasi. Soalnya tanggung jawab dan loyalitas kalian dibentuk. Tapi gak semua organisasi juga ya. Harus pintar-pintar juga nyari organisasi yang bagus, yang punya manfaat untuk pribadi kalian.

    Tips dari saya untuk melatih mental :
  • Selalu berfikir positif
Jadi apapun yang orang katakan itu tidak langsung dipercaya, baiknya tabayyun dulu sebelum bertindak
  • Tingkatkan percaya diri 
Ada banyak macam untuk meningkatkan kepercayaan diri, seperti : Berani mengambil tanggung jawab, memperbanyak berbicara didepan umum dan sebagainya.
  • Menentang sesuatu yang menentang atau tidak wajar.
Menentang yang dimaksud disini dimaksudkan dengan menggunakan etika kesopanan juga pastinya. Misalnya kalian diperlakukan tidak adil, boleh kalian menyampaikan argumen bahwa anda itu salah/ kurang tepat, saya kurang setuju dengan anda. Sedikitnya hal ini akan membuat mental anda menjadi kuat.
  • Mudah untuk menghadapi kegagalan untuk kembali bangkit dan menjadi sukses dimasa mendatang
Kegagalan itu wajar, Thomas Alva Edison pun harus gagal beribu-ribu kali sebelum berhasil dan ciptaannya yaitu lampu masih diterapkan sampai sekarang. Jadi jangan Takut gagal ya, apalagi belum mencoba.

Itu tadi hanya sebagian kecil dari banyak tips untuk melatih mental.


5. Kalian itu harus ikut UKM ini biar gampang dapat kerja.

UKM itu bukan jaminan seseorang dapat kerja. Kalau maksudnya biar mudah dapat link yah percuma juga kalau kalian gak punya skill. UKM itu cuman wadah. Sisanya harus tergantung dari pribadi seseorang. Kalau rajin belajar terus punya skill ya gak masuk UKM pun bisa gampang dapat pekerjaan.

Itulah tadi bacotan senior kepada MABA boleh dibilang bullshit HEHE. Semakin tinggi jenjang pendidikan, logikanya semakin tinggi pula tingkat intelektual seseorang. Bukan makin tinggi malah kayak anak kecil.
   
Meskipun begitu, seiring dengan berjalannya waktu, biasanya seseorang akan paham terhadap kondisi lingkungannya dan menggunakan logikanya untuk bertahan hidup. Pengalaman saya sih emang masa Sulit itu pas MABA apalagi anak Teknik ya XD. Tapi jangan lupa ada tahap-tahap seperti Skripsi dan lain-lain yang lebih sensitif untuk diperhatikan. Masuk kuliah kan tujuannya supaya sarjana, kalau kuliah buat yang aneh-aneh jadinya masalah dibelakang. Banyak kasus seperti terlambat wisuda karena organisasi menurut saya ini adalah sesuatu yang tidak baik. Padahal organisasi itu juga perlu supaya Mahasiswa itu tidak pasif.

Jadi, buat kalian yang baru atau ingin masuk bangku perkuliahan, saya saranin ikutin aja prosesnya. Ikuti semua yang kalian anggap baik. Jangan mudah di doktrin aneh-aneh. Masa Maba itu bukan sesuatu yang perlu dimasalahin. MABA itu awal untuk mencapai sarjana kelak... Boleh juga yak gw XD.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JANGAN PERCAYA PERKATAAN SENIOR INI KEPADA ANDA SAAT MABA !!!"

Post a Comment