FUNGSI RAHASIA PADA KEYBOARD YANG JARANG DIKETAHUI BAGI PENGGUNA WINDOWS





Komputer adalah salah satu perangkat yang tidak dapat di pisahkan dengan era globalisasi saat ini. Dengan komputer kita dapat memperoleh beragam hal positif. Tapi, apabila tidak digunakan sebagaimana mestinya komputer bisa menjadi sangat berbahaya bagi kita semua. He .. he .. he..

Apa itu shortcut ? shortcut secara bahasa berarti potong pendek , artinya secara ringkas berarti jalan pintas atau boleh juga cara cepat . Shortcut ini dapat berbeda beda sesuai aplikasi , sistem operasi dan sebagainya . Kali ini kita hanya akan membahas untuk shortcut Sistem Operasi Windows .     
   
Kali ini saya ingin menyampaikan  "Fungsi rahasia yang ada pada keyboard yang jarang diketahui " Meskipun jarang di ketahui, Shortcut - shorcut ini sangat berguna untuk memudahkan kalian untuk melakukakan aksi aksi . Well, langsung saja yah.

1. Mentup aplikasi

CTRL + W  

Ctrl + W dapat kalian gunakan sebagai shortcut untuk menutup semua aplikasi yang berjalan . Cara ini dapat kalian gunaka tanpa perlu capek - capek lagi untuk meng close satu per satu program atau jendela yang aktif .

2. Membuka Tab yang tertutup

CTRL + SHIFT + T

Jika kalian tidak sengaja menutup tab. kalian dapat mencoba ini guys. Jadi kalian gk usah capek2 ngeliat tab history satu persatu terus pilih satu - satu . Saat kalian menekan ctrl + shift + T , Urutan tab pada web browser yang akan di jalankan adalah tab terakhir selanjutnya tab sebelum terakhir dan begitu seterusnya .

3. Membuka Task Manager


CTRL + SHIFT + ESC


Apabila laptop anda mengalami hang maka kalian coba cara ini hanya dengan memencet keyboard ctrl + Shift + esc . Terkadang saat anda menjalankan aplikasi yang berat , komputer anda tidak mampu merespon dengan klik menggunakan mouse . Namun hal itu dapat kalian akali dengan menggunakan keyboard . Shortcut ini merupakan shortcut yang paling berguna .

4. Membuka app dengan ukuran yang sama


WINDOWS + < atau >

5. Mengunci komputer

WINDOWS + L

Dengan menekannya maka komputer anda akan otomatis beralih ke dekstop dimana anda diminta memasukkan password kalian. Shortcut ini berbeda dengan sleep . Pada kondisi Sleep, semua komponen pada komputer anda akan  mati kecuali memori (RAM). Dikarenakan semua komponen diputus aliran listriknya terkecuali RAM maka mode sleep menggunakan aliran listrik hanya untuk RAM saja . Sedangkan untuk ctrl + L maka laptop akan merespon langsung ke lock screen .

6. Menghapus kata sekaligus


CTRL + BACKSPACE

7. Menampilkan dua jendela kerja hanya dalam satu layar dalam bentuk potongan potongan .

  • Windows + Panah Kiri : Snap ke sisi kiri layar.
  • Windows + Panah Kanan : Snap ke sisi kanan layar.
  • Windows + Panah Atas : Snap ke sisi atas layar.
  • Windows + Panah Bawah : Snap ke sisi bawah layar.

8. Membuka jendela File Explorer

Win + E  

Cara ini kalian gunakan sebagai pengganti saat anda hanya menggunakan tombol Backspace saja . Bedanya , saat menggunakan ctrl + backspace komputer anda akan menghapus pada tiap tiap kata bukan karakter seperti saat menggunakan backspace .


Itulah tadi beberapa rahasia fungsi keyboard. Sebenarnya masih banyak lagi namun itu terlalu mainstream dan saya hanya menuliskan shortcut shortcut pada windows yang jarang di ketahui namun memiliki fungsi untuk memudahkan anda ... See You Next time dan jangan lupa lihat artikel - artikel saya lainnya .


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "FUNGSI RAHASIA PADA KEYBOARD YANG JARANG DIKETAHUI BAGI PENGGUNA WINDOWS"

Post a Comment